Sitem operasi Android merupakan OS untuk perangkat mobile terpopuler di dunia saat ini. OS yang memiliki logo robot hijau ini, hingga saat ini memiliki versi paling baru yang diberi nama Marshmallow. Pada tahun 2016 ini, Google telah menggarap OS penerus Android Marshmallow, yakni Android N.

Android N

Meski kemungkinan baru akan dirilis akhir tahun ini, namun rumor tentang sistem operasi ini santer terdengar bahkan semenjak tahun lalu. Seperti laporan Android Authority, Google dikabarkan bakal menghilangkan tombol app drawer yang selama ini selalu hadir pada sistem operasi Android.

App drawer sendiri merupakan laci aplikasi, di mana Anda dapat menemui semua aplikasi yang terinstal pada perangkat. Hilangnya tombol ini dirasa semakin memudahkan pengguna untuk mengakses suatu aplikasi. Nantinya semua aplikasi akan tumpah ruah di homescreen, yang dapat digulirkan secara horizontal atau vertikal.

Versi Android terbaru saat ini, yakni Android Marshmallow masih memiliki app drawer dengan tombol navigasi native. Tombol navigasi native ini dianggap oleh sebagian orang kurang nyaman dibandingkan menggunakan navigasi native pada OS Android sebelumnya.

Jika Google benar-benar menghilangkan app drawer pada OS Android berikutnya, maka tampilan Android selanjutnya akan semakin mirip dengan sistem operasi milik Apple, yakni iOS. Sejak awal kemunculannya, iOS memang tidak memiliki app drawer.

Karena sistem operasi Android merupakan OS open source, maka para vendor memiliki kesempatan untuk memodifikasi tampilan antarmuka dan banyak dari mereka yang mengihilangkan app drawer, seperti Xiaomi dengan MIUI dan Lenovo dengan Vibe UI. Bagaimana, apakah Anda lebih suka menggunakan app drawer atau tanpa app drawer?