LibreOffice 5.1
LibreOffice 5.1

The Document Foundation atau TDF secara resmi telah mengumumkan rilis aplikasi LibreOffice 5.1. Rilis kali ini merupakan rilis yang cukup signifikan karena tak hanya membawa fitur baru, tetapi tampilan baru. Aplikasi LibreOffice 5.1 sudah tersedia untuk Linux, Mac OS X, dan Windows.

Seperti informasi sebelumnya, LibreOffice 5.1 telah mengalami masa pengembangan intensif selama tiga bulan terakhir ini. Sebelumnya, pihak pengembang telah melakukan perombakan besar dengan membersihkan kode-kode yang tidak diperlukan. Hal ini membuat kinerja LibreOffice meningkat pesat.

Pada rilis LibreOffice 5.1, antarmuka mengalami perubahan yang cukup signifikan. Selama ini memang penampilan LibreOffice terkesan ketinggalan dan perlu perombakan agar lebih modern. Kini LibreOffice 5.1 tampil lebih menarik, bersih, dan lebih mudah digunakan.

Salah satu fitur baru dari LibreOffice 5.1 adalah dukungan untuk menulis file ke server awan atau cloud. Rilis kali ini juga mengusung dukungan terhadap fromat file ODF 1.2. Pada aplikasi Spreadsheet dikatakan mengalami peningkatan fitur yang cukup signikan.

LibreOffice 5.1 adalah langkah maju untuk memenuhi visi kami sebuah office suite yang disesuaikan pada kebutuhan dan preferensi pengguna. Sejak 2010, kami telah melalui siklus pengembangan yang berbeda untuk membersihkan kode dan membuatnya lebih responsif.”

“Kita sekarang pada tahap di mana kita berada dekat dengan menyediakan antarmuka pengguna yang lebih baik,” kata joern Michaelsen, seorang direktur dan pengembang di The Document Foundation (TDF).