Pada ajang Mobile World Congress 2016 kemarin, Sony tak hanya tampil dengan memperkenalkan smartphone Xperia X series saja, namun juga memperkenalkan robot asisten bernama Xperia Agent. Robot mungil ini nantinya akan bersaing dengan produk serupa, yakni Amazon Echo.

(Kredit: Sony)
(Kredit: Sony)

Seperti yang dikutip dari Read Write, Minggu (28/2/2016), Xperia Agent sendiri merupakan robot asisten pribadi yang dapat dikendalikan menggunakan perintah suara, seperti asisten virtual yang terdapat pada perangkat mobile. Robot ini dapat memberikan jawaban secara cepat dan tepat yang relevan dengan pertanyaan pengguna.

Robot asisten ini memiliki bentuk yang mungil dan lucu, sekilas juga nampak menyerupai Amazon Echo. Tujuan dari adanya robot asisten ini agar di masa depan robot ini dapat terhubung atau terintegrasi dengan perangkat otomatisasi di rumah Anda. Dengan demikian, pengguna dapat memerikan perintah suara atau bahkan isyarat untuk melakukan hal-hal umum seperti mematikan lampu atau mengatur suhu thermostat.

Berbeda dengan Echo, fitur kamera otomatis yang dipasang di atasnya dapat berputar, sehingga memungkinkan untuk melihat dan mengidentifikasi orang-orang di dalam ruangan. Hal ini juga dilengkapi dengan proyektor yang menawarkan beberapa umpan balik visual.

Sony berharap Xperia Agent ini dapat memungkinkan pengguna untuk membebaskan diri dari perangkat mobile mereka dan melakukan kegiatan yang lebih kasual, yakni interaksi alami dengan teknologi dalam rumah mereka seperti berbicara dengan asisten rumah tangga.

Sayangnya produk ini masih dalam tahap penelitian dan pengembangan, sehingga belum dapat diluncurkan secara umum untuk saat ini. Selain itu, perusahaan asal Jepang ini juga belum memberikan konfirmasi terkait kapan produk ini dapat tersedia di pasaran.