Sejak beberapa waktu lalu, NVIDIA disebut sudah mempersiapkan GPU dengan arsitektur baru mereka, Pascal. Di GPU Technology Conference 2016, yang tengah berlangsung di San Jose, Amerika Serikat, NVIDIA akhirnya mengumumkan GPU pertama mereka dengan arsitektur tersebut. Sayangnya, GPU tersebut bukan ditujukan untuk graphics card desktop, melainkan untuk akselerasi proses di data center, yaitu Tesla P100.

Tesla-P100-Header

Tesla P100 ini menggunakan desain Chip-on-Wafer-on-Substate (CoWoS) dan dibekali dengan memori HBM2 dengan kapasitas 16 GB. Ini disebut akan memberikan performa memori hingga 3x bila dibandingkan dengan Tesla berbasis Maxwell. NVIDIA menyebutkan bahwa card berbasis Tesla P100 ini bisa memberikan kemampuan single precision compute hingga 10.6 TFLOPS atau dual precision compute hingga 5.3 TFLOPS.

NVIDIA menggunakan desain khusus untuk board Tesla P100 ini, sehingga bentuknya tidak lagi menyerupai graphics card biasa. Desain khusus ini membuatnya dihubungkan langsung dengan board sejenis dengan menggunakan NVLink, yang menyediakan bandwidth hingga 160 GB/s. Penggunaan NVLink memungkinkan beberapa board Tesla P100 digunakan secara bersamaan seperti layaknya satu graphics card accelerator. Selain NVLink, card ini juga tetap dilengkapi dengan konektor PCIe x16 standar.

Tesla P100 ini disebut sudah mulai diproduksi oleh NVIDIA. Untuk tahap awal, perangkat ini tampaknya akan didistribusikan terlebih dahulu ke para klien NVIDIA untuk proyek supercomputer. Setelah itu, card ini baru akan tersedia untuk OEM pada awal tahun 2017 mendatang.